Exsysmansa’s Blog

Gerhana Matahari Cincin Pengaruhi Air Laut

Posted on: Maret 13, 2009

Senin, 26 Januari 2009 18:20 WIB
gambar
SURABAYA–MI: Gerhana matahari cincin hanya akan mempengaruhi pasang-surut air laut di perairan Laut Jawa, kata prakirawan cuaca Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Maritim, Tanjung Perak, Surabaya, Supeno, Senin(26/1) sore.

“Gerhana matahari tidak banyak memberikan pengaruh pada ketinggian gelombang, kecuali pada pasang-surut air laut,” katanya menjelaskan.

Ia menyebutkan pasang maksimum air laut di Tanjung Perak, Senin malam sekitar pukul 22.00 WIB mencapai 110 sentimeter, sedangkan di Pantai Kenjeran mencapai 100 sentimeter.

Sementara itu, untuk perairan di sebelah utara dan selatan Jawa Timur sama sekali tidak terpengaruh dengan peristiwa gerhana matahari yang terjadi Senin sore mulai pukul 15.21 WIB hingga pukul 16.42 WIB itu.

“Gelombang Laut Jawa di utara Jawa Timur dan Samudera Indonesia di selatan Jawa Timur hari ini kondusif,” kata Supeno.

Meski begitu, dia meminta nelayan dan nakhoda kapal mewaspadai cuaca pada malam hari yang diperkirakan akan terjadi hujan lebat dengan kecepatan angin berkisar antara 10 kilometer hingga 25 kilometer per jam.

Supeno menambahkan, gerhana matahari cincin tidak bisa dilihat langsung dari wilayah Jawa Timur. Gerhana itu hanya bisa dilihat dari sebelah barat Pulau Jawa dan bagian timur Pulau Sumatera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: