Exsysmansa’s Blog

Jujur ka Bujur

Posted on: Maret 4, 2009

kabayan teh baru turun dari angkot da baru pulang kerja… beu.. baru jalan sampai ujung gang teh ketemu sama si lamsijan… euh.. eh.. kang kabayan… euh.. geuning… ada apah sijan.. kenapah nongkrong di ujung gang atuh?.. jadi kayak koboi perecet ajah kamu teh.. euh.. ituh kang.. mau ke warung kopi… beu… pasti warung randa ngora tea yah?… masih ajah kamu teh kepincut kesanah gituh sijan?.. tegor kabayan teh… euh.. eh.. justru ituh kang… inih teh mau ngajak akang kesanah… biar tau atuh… pakai apah si randa teh…

pakai apah.. pakai apah.. pan sudah dikasih tahu.. eta mah pikiran kamu sajah yang ngeres atuh sijan… euh.. eh.. iyah tapi pan lebih baik dibuktikan dulu atuh kang kabayan… hayoh ikut.. hayoh… beu… inih mah… kaya anak kecil ajah atuh.. euh.. yah… hayu atuh.. biar jelas ngeres pikiranyah kamu teh…

euh.. kabayan teh akhirnyamah pulang sendiri ajah dari warung teh.. soalnyamah sudah maghrib atuh… jadinyah mampir masjid dulu… dasar si lamsijan… tetep ajah dia nyah mah tinggal diwarung situh… beu… bahaya sekali kalau sudah nyandu senyuman si randa mah… semuanyah jadi enak…

eleuh2.. kabayan teh kebablasan sampai selesai isyak di masjid teh… buru2 ajah pulang kerumah… beu.. mana kopinyah kabayan yah?.. kenapah meja wasiat nyah kabayan kosong… euh.. jangan2 sudah di bawa kedapur lagih kopinyah… neeng.. nyiii… iteueung.. beu mana si iteung teh.. ngga jawab2 atuh… beu… dikamar atuh barangkali yah?..

euh… bener ajah lagi duduk sambil jamedud… beu… sudah lonjong etah mukanyah teh… euh.. eueuh.. marah geuningan… kabayan duduk juga atuh… kenapah di panggil2 teh kok diem ajah si nyai teh?.. tanya kabayan teh… iyeuh.. ari akang teh dari mana duku atuh.. pulang malem2 teh ngga ngasih kabar pisan… euh.. dari warung kopi yang di ujung jalan sanah neng… tembal kabayan teh…

etah!.. si akang nyah.. disediain kopi dirumah teh malah minum kopi ditempat randa ngora!??… apah akang teh sudah ikut2an bapa2 sama pemuda2 yang kegilaan randa ngora ituh… euleueuh ngga nyangka yah si akang begituh!.. heueuh… blug weh… si iteung teh ngagoler.. mana tidurannyah ngabujuran lagih… beu… ngga sopan atuh mantatin suami teh…

inih teh gimanah iteung… akang ngomong bener2 malah di pantatin begituh ngga bagus atuh kaya begituh teh… ah.. ari akang ngapain atuh ke warung situh.. mana rambutnyah abis mandi lagih… ngapain atuh disanah teh kang!?… beu.. dengerin dulu atuh kalau akang ngomong teh… jangan main tuduh begituh ajah… kasihan atuh.. siranda teh.. sudah semua orang nuduh jelek malahmah pitnah… tambah2 lagih iteung teh ikut2an… beurat atuh pitnah teh hukumnyah… eehh… siakang teh malah ngebelain siranda!.. ada apah atuh.. apah sudah kena ilmunyah gituh?…
heup… heup.. setoopp… gimanah iteung teh akang bicara jujur malah dikasih bujur begituh… apah mesti jujur ka bujur gituh?.. hayoh duduk dulu… plak ajah kabayan tepok bujurnyah biar sadar… hayoh duduk… apah pesennyah aki teh?… ngga boleh ngobrol sambil tiduran… bisa jadi ribut besar atuh… clek.. ajah iteung teh duduk sambil masih manyun.. masih lonjong lagih mukanyah juga…

dengerin dulu atuh yah neng… jangan suka berprasangka seenaknyah sama suami teh… kalau prasangka tanpa bukti teh sebetulnyah mah menghina suami… ngerendahin etah teh… pernikahan teh salah satu dasarnyah pan saling percaya… nuduh teh pan tidak percaya kalau suami teh berusaha menjaga dirinyah… apalagih nuduh maksiat atuh… sama sajah dengan menghina… pan sudah cukup lama nikah teh… masa atuh masih belum kenal juga… memangnyah asal lihat jidat mengkilat teh maen gabrug ajah… memangnyah semua perempuan teh bisa maen peluk ajah?…

tapi pan kang… daripada terlambat teh.. lebih baik waspada atuh… euh… yah memang betul atuh waspada teh perlu… tapinyah jangan sampai menghancurkan saling percaya… melemahkan pertahanan rumah tangga… nanti mudah sekali terkena hasutan… apah ituh hasutan manusia.. atau juga hasutan hembusan hate..

maap yah neng kalau kabayan lupa ngabarin.. sama ngomel2 teh.. pan akang teh diajak sama si lamsijan kesanah teh… terus pulangnyah ke masjid dulu… terus blax100… lagian pan waktu ituh teh eneng ngijinin kalau akang nikah lagi juga… sebetulnyah mah dipercaya seperti ituh teh akang bahagia sekali atuh… biar ngga mampu juga.. rasanyah dipercaya sekali sama eneng teh… tangtu sajah akang juga sangat ngejaga kepercayaan atuh neng…

yaaah.. iyah sih kang… iteung juga minta maap atuh… sudah nuduh2 sama akang yang engga2.. sudah nyakitin sama ngerendahin akang… maapin iteung yah kang… atuh maklum ajah namanyah juga kalau lagi kedatangan tamu mah biasa atuh suka setres ngga puguh…

euh.. pasti atuh nyi… kapan akang ngga maapin iteung teh?… mau gimana2 ge da istri akang.. pan semuanyah juga jadi tanggungan akang juga atuh… euh.. jadi siapah tadi teh tamu yang bikin setres teh nyi?… … beu… dasar kabayan belet… tamu rutin tea etah teh nyi?.. tanya kabayan teh… euh.. iteung teh cuma ngangguk2 ajah… duh… libur atuh kalo begituh mah yah… beu.. beu.. beueu..

euh… memang jadi lebih mudah yah.. ngeberesin masalah teh kalau pakai musyawarah mah.. apalagih kalau diantara orang2 yang saling menyayangi mah…
jadi ingat ka Allah yang Maha Penyayang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: